Katy Perry (lahir sebagai Katheryn Elizabeth Hudson di Santa Barbara, California, Amerika Serikat, 25 Oktober 1984; umur 26 tahun) adalah seorang penyanyi berkebangsaan Amerika Serikat. Dia menjadi terkenal ketika dia meluncurkan single pertamanya yang kotroversional berjudul “I Kissed a Girl” dari albumnya yang kedua “One of The Boys” (2008). Katy Perry juga dikenal dengan gaya pakaiannya yang unik, aksi panggungnya, dan leluconnya.


Perry merupakan anak kedua dari pasangan Keith Hudson dan Mary Hudson yang seorang pendeta. Dia bertumbuh dewasa sambil mendengarkan lagu gospel dan bernyanyi di gereja. Setelah Katy Perry lulus dari Dos Pueblos High School, di Goleta, California, tahun 2003, dia berpindah ke Los Angles saat berumur delapan belas tahun. Katy mengganti nama belakangnya menjadi Perry karena nama “Katy Hudson” terlalu mirip dengan nama aktris Kate Hudson. Perry merupakan nama keluarga Mary Hudson, ibu dari Katy Perry.

Perry mendadak terkenal di dunia permusikan Amerika Serikat karena lagu super kontroversial nya (karena belum ada sejauh ini artis yang dapat meledakkan lagu pertamanya di Billboard Hot 100), I Kissed a Girl. Lagu ini berhasil mendapatkan 3x Platinum dari RIAA. Lagu ini juga menduduki posisi #1 di Billboard Hot 100 selama 7 minggu, dan 9 minggu di Billboard Pop 100. Perry pun kembali sangat terkenal, lepas dari lagu pertamanya, lagu Hot N Cold yang merupakan lagu kedua (yang sebenarnya lagu ketiga dirilis) dari albumnya menjadi sangat nge-hits di seluruh dunia, dan berhasil menyaingi lagu pertama nya (Di Amerika Serikat bahkan lagu ini lebih banyak di download daripada I Kissed a Girl). Lagu ini berhasil bertahan sampai posisi #2 Billboard Hot 100, dan 3 minggu di posisi #1 di Billboard Pop 100. Lagu sebelum I Kissed a Girl, Ur So Gay pun lumayan kontroversial, sayangnya Perry tidak merelesasikannya secara resmi. Lagu ketiganya yang bertitel Thinking of You, berhasil menjadi lagu Perry pertama yang berhasil menduduki posisi #1 di Spanyol dan Jerman, dan lagu ini berada di posisi #29 di Billboard Hot 100, dan #5 di Billboard Pop 100. Lagu keempatnya (atau kelima) adalah Waking Up In Vegas yang lumayan populer, dan berhasil mendapatkan sertifikat platinum di Australia. Lagu ini berhasil menduduki posisi #8 di Billboard Hot 100, dan posisi #2 di Billboard Pop 100. Hal ini menandakan bahwa semua lagu dari Katy Perry adalah sebuah komersial yang sangat sukses, karena sangat jarang ada penyanyi yang seluruh lagunya menduduki Top 5 di Billboard Pop 100 dan Top 30 di Billboard Hot 100.

Di masa remajanya, Perry mengenal group penyanyi Queen dari salah seorang temannya, sejak itu, Queen menjadi pengaruh terbesar bagi perkembangan musiknya. Selain Queen, Alanis Morissete, Heart and Joni Mitchell, Incubus, Cher, Cyndi Lauper, Pat Benatar, Joan Jett, Shirley Manson, dan Gwen Stefani juga mempengaruhi perkembangan musik Katy Perry.

Perry menjalin hubungan dengan penyanyi Gym Class Heroes, Travis McCoy, selama dua tahun, tetapi kemudian mereka berpisah pada Desember 2008. Perry sekarang bertunangan dengan komedian Inggris Russell Brand setelah dilamar pada Desember 2009.

Kontroversi

 

Katy Perry

Kedua lagunya, “Ur So Gay” dan “I Kissed a Girl”, dianggap oleh banyak media dan para kritikus sebagai lagu yang mengumbar homoseksual. Namun Katy Perry sendiri menanggapi bahwa penggunaan kata “Gay” pada lagu “Ur So Gay” bukanlah hal yang berarti negatif, kalimat itu bukan berarti “you’re so gay” (kamu seorang gay/homoseksual) tetapi lebih berarti sebagai “you’re so lame” (kamu sangat tidak masuk akal; payah). Lagu “Ur So Gay” merupakan lagu yang dibuat oleh Katy Perry tentang mantan pacarnya yang senang menggunakan pensil alis dan lebih banyak menghabiskan waktu di depan kaca daripada menghabiskan waktu dengan Katy Perry.

Pada bulan Desember 2008, Perry meminta maaf kepada Lily Allen karena telah mendefinisikan dirinya sebagai “versi kurus” dari Lily Allen dan “versi gemuk” dari Amy Winehouse. Katy Perry menganggap hal ini adalah sebagai humor, namun Lily Allen menganggap hal ini serius dan marah terhadap Katy Perry. Sejak saat itu, Lily Allen menuduh Katy Perry tidak menulis lagu-lagunya sendiri. Namun perlu diketahui bahwa Katy Perry memang menulis lagu-lagunya sendiri.

Diskografi

Videografi

Cameos